Sabtu, 05 Januari 2013

Prediksi Market Trading 2013

Seiring waktu yang berjalan begitu cepat – kalau menurut saya sih… tak terasa kita sudah berada di awal tahun lagi, tepatnya di awal Januari 2013.
Mungkin anda yang sedang membaca artikel ini sambil mengenang perjalanan trading forex atau komuditi yang sudah membawa anda pada titik sekarang ini.
prediksi market trading 2013
Sambil membayangkan perjalanan trading dan market sepanjang tahun kemarin, kurang afdol rasanya jika awal tahun tidak berbicara tentang prediksi market trading 2013.
Melihat dari apa yang telah terjadi di tahun 2012, ada beberapa prediksi market trading di tahun 2013 ini. Prediksi pun tidak bersifat benar terjadi, tapi tentu bisa dijadikan rambu yang perlu diperhatikan.

Ekonomi Eropa Bangkit

Masih ingat kan krisis ekonomi Eropa?
Krisis moneter yang membuat Eropa tercerai berai. Dimulai dari Yunani, dan mulai merembet ke rekan-rekan Eropa-nya, seperti Irlandia, Portugal, Spanyol, Italia, bahkan Perancis. Dan Inggris pun mengalami polemik, dikarenakan dampak yang berkelanjutan dari krisis keuanganan, krisis kawasan Euro, dan efek inflasi pada pendapatan dan biaya bisnis.
prediksi market trading 2013 eropa
Namun mendekati akhir tahun 2012 dan sekarang memasuki tahun 2013, roda ekonomi Eropa pun berubah.
Beberapa negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, Portugal mulai mengalami pembenahan defisit. Dengan penurunan defisit terbesar oleh Portugal sebesar 80%, Italia dan Yunani yang menurun hampir dua pertiga, disusul Spanyol yang mengalami penurunan defisit sekitar 40%.
Seakan dewi Fortuna berdampingan dengan Yunani dan negara Eropa lainnya, ini menunjukan adanya perbaikan mendasar yang jelas.

Ekonomi Amerika yang “Ajaib”

Pertumbuhan ekonomi Amerika sendiri masih sama dengan tahun kemarin, masih belum menunjukan gerakan stabil.
Dengan sudah mengeluarkan Quantitative Easing tahap ke 3, Amerika mencetak uang untuk membeli obligasi (surat utang Italia) untuk jangka panjang. Dan dibalik QE3 malah berdampak akan produksi Amerika yang sedikit (less production) dan menyebabkan velocity-nya drop.
prediksi market trading 2013 amerika
Sebagai negara acuan, Amerika sedang resah dalam menetukan arah kebijakan, terutama isu fiscall cliff yang semakin santer terdengar.
Apabila fiscal cliff disahkan, pajak akan tinggi dan tingkat pengangguran di Amerika pun meningkat.
Sementara utang Amerika yang terus meningkat dan “kemampuan” Bernanke dalam mencetak uang, akan makin menaikan inflasi jauh dari langit-langit.
Dan pada akhirnya,
QE gonna last forever…

Expect The Unexpected

Jadi, jika fiscal cliff disahkan pada awal tahun 2013 ini, besar kemungkinannya prediksi market trading 2013 layaknya menaiki rollercoaster.
Tegang dan akan banyak mengalami up and down – namun setidaknya rollercoaster adalah wahana “bermain” yang menyenangkan (fun).
prediksi market trading 2013 fiscal cliff
Bisa jadi saham-saham pun akan melemah pada semester awal ini. Tapi mari kita lihat perkembangan apa yang akan terjadi dan kejutan apa lagi yang akan dibuat the Fed dan bank-bank sentral lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar